Kelebihan Serta Kekurangan Metode Root Xiaomi Mi 6 via Magisk / SuperSU

Seperti kebanyakan pengguna android, tentu setiap pengguna dari setiap jenis android akan membutuhkan akses root. Baik itu untuk sekedar mendapatkan akses root ataupun untuk berbagai hal khusus yang diperlukan, tentu akses root sangatlah dibutuhkan.

Xiaomi merupakan salah satu pabrikan smartphone yang telah menguasai pasar smartphone di Indonesia. Produknya tidak hanya digemari di kalangan remaja saja namun sekarang sudah mulai digemari oleh semua kalangan baik muda, anak-anak maupun orang dewasa. Karena smartphone Xiaomi ini memiliki harga yang sangat murah dan menawarkan fitur yang canggih terlebih pada bagian kameranya. Maka dari itu tak heran jika smartphone Xiaomi selalu laris di pasaran dikarenakan harganya yang murah dan spesifikasi Xiaomi sangat bisa dibanggakan.

Suksesnya smartphone dari Xiaomi di Indonesia membuat Xiaomi mulai melebarkan sayap ke Indonesia dengan mendirikan sebuah pabrik perakitan lokal di Indonesia. Dengan mendirikan sebuah pabrik perakitan di Indonesia tentunya diharapkan Xiaomi akan semakin mudah didistribusikan di Indonesia. selain itu dengan melakukan perakitan di Indonesia tentunya harga Xiaomi Mi 6 dapat ditekan lagi sehingga bisa menjadi lebih murah.

Pada tahun 2017 ini Xiaomi kembali merilis smartphone terbarunya yang diberi nama Xiaomi Mi 6. Xiaomi Mi 6 ini diluncurkan pada tanggal 19 April 2017 di Beijing China. Pada akhir tahun 2017 smartphone ini sudah dapat dijumpai di Indonesia karena sudah mulai diperjualbelikan di Indonesia. Hadirnya Xiaomi Mi 6 membawa perubahan yang baru, Pada Smartphone ini memiliki kamera ganda namun pada bagian audio standarnya hilang karena digantikan oleh USB type C yang dapat dimanfaatkan untuk earphone.

Untuk lebih jelasnya mengenai Apa saja kelebihan dan kekurangan dari root Xiaomi Mi 6 ini silahkan simak penjelasan lebih detailnya di bawah ini.

Pengertian Root Android

Fungsi dari root android adalah memberi hak akses penuh ke dalam sistem operasi di Xiaomi Mi 6 kalian. dengan melakukan root kita dapat mengubah, menambah, mengurangi file file data yang terletak di dalam sistem android yang pada defaultnya file file tersebut tidak dapat di akses atau masih dalam privasi. jika di dalam sistem operasi windows, root diistilahkan sebagai administrator yang diberi keleluasaan penuh pada sistem windows.

Kelebihan dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mi 6

Kelebihan

  • Bisa Hapus Aplikasi Bawaan
    Aplikasi sistem yang terlalu banyak akan memakan memori internal dan juga RAM di smartphone kamu. Sayangnya, kamu tidak bisa begitu saja menghapus aplikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware.Kamu bisa menghapus aplikasi bawaan ini dengan mempunyai akses Root dalam perangkat kamu.
  • Dapat Melakukan Backup dan Restore Aplikasi
    Salah satu cara agar smartphone kamu tetap dalam kondisi yang prima adalah dengan rutin melakukan Factory Reset. Nah, pasti kamu akan merasa repot jika harus meng-install ulang semua aplikasi. Cara paling ampuh dan mudah adalah dengan mem-backup semua aplikasi lewat Titanium Backup. Titanium Backup sendiri harus mempunyai akses Root untuk melakukan backup dan restore aplikasi yang ada di smartphone kamu.
  • Kontrol Kernel dan CPUDengan adanya akses Root di smartphone, kamu bisa melakukan overclock pada CPU smartphone kamu. Overclock sendiri dapat diartikan sebagai memaksa prosesor untuk dapat melakukan pekerjaannya sampai pada batas maksimalnya. Sudah pasti, dengan di-overclock-nya prosesor, smartphone kamu akan terasa lebih cepat dan ringan.
  • Menghindari Wakelock
    Wakelock adalah kondisi dimana sistem yang terbangun oleh aplikasi-aplikasi yang terus menerus berjalan di background. Kondisi ini pastinya dapat membuat smartphone kamu terasa lebih lambat dan cepat menghabiskan baterai juga.Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan aplikasi Greenify yang akan membuat aplikasi masuk ke mode hibernasi saat tidak digunakan .

Kekurangan

  • Rooting dapat menghilangkan garansi
  • Tidak Bisa Update Sistem Operasi Secara OTA
  • Mengalami kegagalan saat update OTA
  • Celah Keamanan Semakin Lebar

Metode 1: Root Xiaomi Mi 6 Dengan Magisk

Magisk adalah sebuah tool untuk mendapatkan akses root di perangkat Android, yang pertama kali dikembangkan oleh topjohnwu di tahun 2016. Saat ini Magisk menjadi alternatif SuperSU, tidak hanya sekedar alat root, Magisk juga memiliki banyak fitur lain.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage .
  3. Matikan Xiaomi Mi 6 sobat, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Flash Xiaomi Mi 6
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Mi 6 Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Mi 6 kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara membuka akses root sistem Xiaomi Mi 6 yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.