2 Metode Root Xiaomi Mi 5s “capricorn” Lewat Magisk Dan SuperSU

Posted on

Untuk kamu pengguna Xiaomi Mi 5s yang ingin melakukan root Android dengan mudah. Kamu bisa menggunakan cara berikut ini. Dengan cara ini, kamu bisa melakukan root HP Xiaomi Mi 5s dengan mudah tanpa menggunakan PC.

Sesuai dengan perkiraan pada pengamat smartphone. Xiaomi bakal merilis smartphone terbarunya pada akhir bulan September 2016. Kali ini HP yang dirilis oleh Xiaomi berada pada segmen pasar high end. Tak hayal peluncuran ponsl Xiaomi kali ini banyak menyita perhatian public. Xiaomi merilis dua buah smartphone sekaligus, yakni Xiaomi Mi 5s dan Xiaomi Mi 5s Plus. Kedua smartphone ini memiliki spesifikasi garang dengan fitur segudang.

Panduan Terkait

Untuk spesifikasi lengkap series Xiaomi Mi 5s Plus, kalian bisa membaca tutorial kami disini. Sedangkan disini kita akan mengulas series smartphone Xiaomi Mi 5s saja. Mungkin sudah banyak dikenal publik bahwa Xiaomi sering kali merilis smartphone sekitar 1 sampai 3 jutaan. Itupun smartphone spesifikasi yang diberikan sudah sangat tinggi. Nah untuk series Xiaomi Mi 5s ini, Xiaomi akan memberikan sentuhan flagship didalamnya.

ini membawakan layar dengan bentang berukuran 5,15 inchi dengan teknologi panel IPS LCD. Tak hanya itu, fitur 3D Touch Display pun disematkan guna menambah nilai wah pada seir smartphone ini. Sistem operasinya menggunakan versi Android Masrhmallow, dengan kustomisasi dari MIUI versi 8.0 (versi 8.0 adalah versi paling baru saat ini dan versi ini merupakan versi paling stabil untuk market global).

Untuk dapur pacunya, Xiaomi Mi 5s dibekali dengan Chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821. Chipset ini bahkan lebih baru (lebih tinggi) jika dibandingkan dengan yang digunakan oleh Samsung untuk series smartphone Samsung Galaxy 7. Tak hanya itu, Xiaomi Mi 5s sudah disematkan CPU dengan tipe Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo) dan untuk GPUnya menggunakan Adreno 530. Sedangkan untuk urusan RAM, smartphone ini memiliki dua versi sekaligus membedakan serinya.

Versi pertama dibekali dengan memori internal 64 GB dengan 3 GB RAM. Sedangkan untuk versi kedua dibekali dengan memori internal 128 GB dengan RAM berukuran 4 GB RAM. Kapasitas RAM yang besar ini mampu membuat kinerja mesin pacu menjadi maksimal. Kita tidak perlu pusing lagi saat membuka banyak aplikasi sekaligus. Ponsel akan dijamin ringan karena kinerja prosesor akan terasa ringan. Tak hanya itu, smartphone ini juga dibekali dengan lensa kamera berukuran besar yakni 12MP untuk lensa belakang dan 4MP untuk kamera depan. Simak tutorial lengkap kami untuk cara root Xiaomi Mi 5s dibawah ini.

Pengertian Root Android

Root adalah akses sistem android dimana kita akan memiliki akses penuh sehingga bisa menghapus, menambah, mengurangi isi sistem android yang ada di Xiaomi Mi 5s dan melakukan hal lainnya atau dengan kata lain pengguna memiliki akses tanpa batas pada perangkat android yang dimilikinya.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mi 5s

Kelebihan

  • Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja smartphone.
    Dengan melakukan overclock, processor dapat kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kinerja smartphone.
  • Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik
    Kita dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori telepon. Namun, jika Anda berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja handphone menjadi tidak sempurna.

Kekurangan

  • Menghilangkan Garansi Android Anda – Sangat besar kemungkinan klaim garansi akan ditolak dengan alasan bahwa HP rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.
  • Masalah Keamanan Pada Android – Dengan melakukan Root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau Trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna.

Metode 1: Root Xiaomi Mi 5s Dengan Magisk

Magisk adalah sebuah tool untuk mendapatkan akses root di perangkat Android, yang pertama kali dikembangkan oleh topjohnwu di tahun 2016. Saat ini Magisk menjadi alternatif SuperSU, tidak hanya sekedar alat root, Magisk juga memiliki banyak fitur lain.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Mi 5s kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Mi 5s Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Mi 5s kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara root Xiaomi Mi 5s yang dapat saya bagikan. Kalau kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.