2 Metode Root Xiaomi Mi 4i MIUI 8 / MIUI 9 Lewat Magisk Dan SuperSU

Cara Root Xiaomi Mi 4i – Seperti kebanyakan pengguna android, tentu setiap pengguna dari setiap jenis android akan membutuhkan akses root. Baik itu untuk sekedar mendapatkan akses root ataupun untuk berbagai hal khusus yang diperlukan, tentu akses root sangatlah dibutuhkan.

Xiaomi membanderol harga Xiaomi Mi 4i 32 GB yang cukup murah, dan mempunyai selisih sedikit dibandingkan dengan versi 16 GB. Spesifikasi dari smartphone ini bisa dibilang tangguh, karena untuk dapur pacunya sendiri tetap bertenaga dengan diotaki processor 64 Bit buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 615, ditambah dengan memori internal yang lebih besar 32 GB.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Xiaomi tidak menyertakan slot memori eksternal pada Mi4i ini, sehingga banyak pengguna yang kebingungan saat menginstal game-game HD atau file berukuran jumbo. Untuk itulah Xiaomi Mi 4i 32 GB diciptakan untuk menjadi solusi dalam penyimpanan data yang sudah berkapasitas 32 GB.

Xiaomi Mi 4i ini menggunakan layar berukuran 5 Inchi dengan teknologi panel IPS LCD 16 juta warna dan resolusi layar FHD 1080 x 1920 pixels dengan kerapatan layar mencapai 441 ppi. Dalam hal performa tidak diragukan lagi karena telah diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 615, bertenaga Octa Core dengan processor Quad-core 1.7 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 1.1 GHz Cortex-A53 dengan arsitektur 64 Bit yang dipadu dengan GPU Andreno 405 yang tidak diragukan lagi kemampuannya mengenai kualitas gambar yang diberikan.

Xiaomi Mi 4i ini sudah menggunakan Android Lollipop dengan antarmuka ciri khas milik Xiaomi MIUI V6. Dan juga telah dilengkapi dengan RAM 2 GB dan konektivitas data internet 4G, serta penggunaan baterai yang cukup memadai dengan kapasitas baterai berjenis Li-Ion berdaya 3120 mAh.

Pengertian Root Android

Fungsi ROOT pada android yaitu untuk memberi hak penuh kepada pengguna Android untuk dapat masuk ke sistem Android. Dengan melakukan ROOT, pengguna dapat memodifikasi software/file apapun yang ada pada Xiaomi Mi 4i 32 GB. Apabila kondisi Xiaomi Mi 4i 32 GB belum di ROOT maka kita tidak akan bisa memodifikasi sistem ataupun file administrator yang berada di dalam Android tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mi 4i 32 GB

Kelebihan

  • Bisa Hapus Aplikasi Bawaan
    Aplikasi sistem yang terlalu banyak akan memakan memori internal dan juga RAM di smartphone kamu. Sayangnya, kamu tidak bisa begitu saja menghapus aplikasi bawaan atau yang biasa disebut bloatware.Kamu bisa menghapus aplikasi bawaan ini dengan mempunyai akses Root dalam perangkat kamu.
  • Dapat Melakukan Backup dan Restore Aplikasi
    Salah satu cara agar smartphone kamu tetap dalam kondisi yang prima adalah dengan rutin melakukan Factory Reset. Nah, pasti kamu akan merasa repot jika harus meng-install ulang semua aplikasi. Cara paling ampuh dan mudah adalah dengan mem-backup semua aplikasi lewat Titanium Backup. Titanium Backup sendiri harus mempunyai akses Root untuk melakukan backup dan restore aplikasi yang ada di smartphone kamu.
  • Kontrol Kernel dan CPUDengan adanya akses Root di smartphone, kamu bisa melakukan overclock pada CPU smartphone kamu. Overclock sendiri dapat diartikan sebagai memaksa prosesor untuk dapat melakukan pekerjaannya sampai pada batas maksimalnya. Sudah pasti, dengan di-overclock-nya prosesor, smartphone kamu akan terasa lebih cepat dan ringan.
  • Menghindari Wakelock
    Wakelock adalah kondisi dimana sistem yang terbangun oleh aplikasi-aplikasi yang terus menerus berjalan di background. Kondisi ini pastinya dapat membuat smartphone kamu terasa lebih lambat dan cepat menghabiskan baterai juga.Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan aplikasi Greenify yang akan membuat aplikasi masuk ke mode hibernasi saat tidak digunakan .

Kekurangan

  • Rooting dapat menghilangkan garansi
  • Tidak Bisa Update Sistem Operasi Secara OTA
  • Mengalami kegagalan saat update OTA
  • Celah Keamanan Semakin Lebar

Metode 1: Root Xiaomi Mi 4i 32 GB Dengan Magisk

Magisk merupakan root tool yang dikembangkan oleh Topjohnwu yang memiliki fungsi gabungan antara SuperSU dan Xposed Framework. Magisk ini akan dikelola menggunakan aplikasi Magisk Manager yang merupakan sebuah aplikasi pendukung menjalankan Magisk.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage .
  3. Matikan Xiaomi Mi 4i 32 GB kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Flash Xiaomi Mi 4i 32 GB
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Mi 4i 32 GB Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Mi 4i 32 GB kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara root Xiaomi Mi 4i 32 GB yang dapat saya bagikan. Kalau kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Posting terkait: