Cara Root Xiaomi Mi 4c MIUI 9 Dengan Magisk Dan SuperSU

Posted on

Bagi kalian pengguna Xiaomi Mi 4c yang ingin oprek android, ngecheat game, install xposed berarti HP kamu harus di root terlebih dulu. Nah kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian cara root Xiaomi Mi 4c harus menggunakan pc.

Kini smartphone Xiaomi yang berasal dari Tiongkok kembali telah merilis smartphone terbarunya demi memenuhi permintaan pasar lokal maupun pasar mancanegara. Bukan hal yang mencengangkan jika berbicara tentang harga, karena rata-rata harga smartphone ini termasuk dalam pasar smartphone low entry dan kini spesifikasinya pun sudah dirancang khusus untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari para pecinta perangkat android.

Panduan Terkait

Dan kabar baiknya kini Xiaomi kembali mau merilis smartphone versi baru yakni Xiaomi Mi 4c. Smartphone ini termasuk sambungan dari versi terdahulunya Xiaomi Mi 4i yang lebih dulu sukses dipasar lokal dan pasar Indonesia jual sekitar 2.8 juta rupiah. Simak harga Xiaomi Mi 4i.

Jangan anggap remeh tentang smartphone ini, karena kesuksesan yang telah dicapai sebelumnya, dan kini di China smartphone ini mampu menggeser smartphone terkemuka seperti Samsung dan Apple. Yang tentunya harga smartphone Xiaomi Mi 4c tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, sebab kabarnya tidak ada perubahan spesifikasi yang signifikan, kecuali adanya peningkatan pada komponen dapur pacunya. Dengan harga yang bisa dibilang murah, tentunya bisa dipastikan smartphone Xiaomi Mi 4c bisa sukses dipasar gadget dan mampu menyaingi vendor terkenal lainnya.

Seperti informasi yang Saya kutip dari TENNA ( Badan Sertifikasi Telekomunikasi Tiongkok), yang memperlihatkan spesifikasi Xiaomi Mi 4c ini memiliki desain layar yang luas 5 inchi dengan teknologi panel IPS LCD 16 juta warna, dalam desain ini bisa dibilang tinggi karena telah ditenagai dengan processor Qualcomm Snapdragon 808, processor Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & Dual-core 1.82 GHz Cortex-A57 dengan arsitektur 64 Bit tentu akan sangat tangguh dibanding dengan smartphone lainnya, tidak lupa dilengkapi dengan chipset grafis versi Adreno 418 yang tidak diragukan lagi kemampuannya mengenai kualitas gambar yang diberikan. OS yang disematkan sudah memakai OS Android Lollipop yang kini ditambah dengan user interface / UI ciri khas milik Xiaomi MIUI V7 versi terbaru.

Fitur Xiaomi Mi 4c ini dibekali antara lain, mempunyai koneksi tercepat 4G dan disuport dengan Dual SIM (Micro SIM). Serta dilengkapi kualitas kamera yang berukuran besar yakni kamera belakang 13MP (4128 x 3096) pixels, Dual Autofocus, Dual LED Flash dan kamera selfie 5MP. Tidak lupa memori internalnya 16 GB dan RAM 2 GB serta memiliki baterai 3120 mAh.

Pengertian Root Android

Root adalah akses sistem android dimana kita akan memiliki akses penuh sehingga bisa menghapus, menambah, mengurangi isi sistem android yang ada di Xiaomi Mi 4c dan melakukan hal lainnya atau dengan kata lain pengguna memiliki akses tanpa batas pada perangkat android yang dimilikinya.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mi 4c

Kelebihan

  • Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja smartphone.
    Dengan melakukan overclock, processor dapat kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kinerja smartphone.
  • Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik
    Kita dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori telepon. Namun, jika Anda berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja handphone menjadi tidak sempurna.

Kekurangan

  • Menghilangkan Garansi Android Anda – Sangat besar kemungkinan klaim garansi akan ditolak dengan alasan bahwa HP rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.
  • Masalah Keamanan Pada Android – Dengan melakukan Root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau Trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna.

Metode 1: Root Xiaomi Mi 4c Dengan Magisk

Magisk Root adalah sebuah aplikasi root android yang dikembangkan oleh salah seorang member XDA-Developers bernama Topjohnwu, dimana aplikasi ini merupakan alternatif terbaik Chainfire’s SuperSU yang selama ini sudah kita kenal. Aplikasi ini tergolong baru dikalangan pengguna root, meski kenyataannya sudah ada sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Mi 4c kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Mi 4c Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Mi 4c kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara root Xiaomi Mi 4c yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.