Ternyata Sangat Mudah Root Redmi Note 4G Di Tahun 2019

Bagi kalian pengguna Xiaomi Redmi Note 4G LTE yang ingin oprek android, ngecheat game, install xposed berarti HP kamu harus di root terlebih dulu. Nah kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian cara root Xiaomi Redmi Note 4G LTE harus menggunakan pc.

merupakan smartphone tipe Note yang sudah support fitur 4G yang dirilis oleh Xiaomi. Sejauh ini Xiaomi memang selalu menghadirkan satu versi pada segmen pasar yang dituju, kemudian smartphone itu laris manis dipasaran. Begitu juga dengan Xiaomi Redmi Note 4G ini yang menyasar pasar smartphone dengan fitur 4G yang lagi booming. Begitu lah Xiaomi, cara marketing yang oke dan didukung kualitas HP yang mantab membuat Xiaomi berhasil membukukan posisi 3 besar pada vendor produksi smartphone terbanyak pada tahun 2014 lalu.

Kembali ke Xiaomi Redmi Note 4G ini, smartphone Note 4G ini dirilis pada Agustus 2014 lalu dan seperti yang diperkirakan pengamat smartphone. Ponsel besutan Xiaomi ini pun langsung diburu dipasaran. Untuk urusan spesifikasi, Xiaomi Redmi Note 4G ini cukup lengkap dan tinggi, namun untuk urusan harga Xiaomi Redmi Note 4G ini dibanderol dengan budget yang sangat miring. Seketika, Xiaomi Redmi Note 4G ini jadi incaran banyak orang.

Smartphone ini dibekali dengan layar dengan bentang 5,5 inchi dan disematkan sistem operasi Android dengan versi Android 4.2 JellyBean yang sudah dicostum dengan MIUI 5.0. Untuk mesinnya sendiri, Xiaomi Redmi Note 4G ini dipasangi dengan Chipset Qualcomm MSM8928 Snapdragon 400 dengan CPU Quad-core 1.6 GHz Cortex-A7 dan GPU Adreno 305 plus RAM 2GB dan ditambah memori internal 8GB. Baterainya dibekali Li-Po 3200 mAh battery. Lalu untuk kameranya dibekali dual kamera, 13MP dan 5MP. Gimana? Sangat keren kan. Apalagi harga banderol smartphone ini cuma Rp 2 Jutaan. Untuk tutorial lebih lengkapnya kita simak tutorial lengkap kami dibawah ini.

Xiaomi Redmi Note 4G ini dibekali dengan layar berbentang 5,5 inchi atau biasa biasa dikenal dengan phablet. Dengan ukuran tersebut terasa lebih besar saat digenggam namun terasa lebih nyaman saat digunakan karena tampilannya yang lebih luas. Layar ponsenya dibangun dari teknologi panel, IPS LCD capacitive touchscreen yang mampu menghasilkan kualitas warna mencapai 16 juta warna. Resolusi yang diberikan pada Xiaomi Redmi Note 4G ini berukuran 720 x 1280 pixels, dengan kerapatan layar mencapai ~267 ppi pixel density. Untuk respon layar terhadap sentuhan, smartphone ini sudah dibekali dengan fitur multitouch jadi sangat responsif untuk sentuhan pada layarnya.

Pengertian Root Android

Rooting merupakan cara mendapatkan akses sistem Android agar kita dapat mengelola Xiaomi Redmi Note 4G LTE dengan sepenuhnya. Dengan melakukan proses ini, pengguna perangkat Android dapat menggunakan secara penuh perangkat, seperti untuk memberikan kinerja yang lebih atau mengkostumisasi perangkat dengan semaunya.

Kelebihan dan Kekurangan Root Redmi Note 4G LTE

Kelebihan

  • Meningkatkan Performa Game – Dengan root bisa kamu lakukan untuk mendapatkan performa gaming yang lebih baik yang hanya bisa didapatkan dengan nge-root Android kamu. Misalkan dengan nge-tweak game yang ingin kamu mainkan dengan aplikasi yang bernama GLTools.
  • Memindahkan Data ke Storage Eksternal – Meski sebagian besar perangkat Android punya slot Micro SD, ada banyak game yang tidak bisa diinstal sepenuhnya di sana. Hasilnya, internal storage kamu cepat penuh dan tidak dapat diinstal game lagi. Dengan akses root, smartphone kamu bisa memindahkan banyak data game ke storage eksternal.
  • Membuang Aplikasi Ga Penting – Hampir semua pabrikan smartphone Android menjejalkan banyak aplikasi bawaan yang mungkin tidak akan pernah kamu gunakan. Kamu hanya bisa membuang aplikasi bawaan tersebut jika kamu memiliki akses root.
  • Membuka Fitur Tersembunyi – Dengan akses root, kamu bisa membuka banyak fitur dan akses yang sebelumnya tidak diijinkan. Ada banyak sekali sebenarnya fitur yang terbuka namun memang tidak semuanya berguna untuk kalian.

Kekurangan

  • Garansi hilang – Sebagian besar produsen Android tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan root Android. Salah satu konsekuensi dari root Android yang dilakukan adalah hilangnya garansi resmi, walaupun masa garansinya belum habis.
  • Dapat menyebabkan Kerusakan Sistem – kesalahan atau kegagalan saat melakukan root Android, HP Android kamu bisa saja mengalami bootloop, nggak bisa masuk ke sistem.
  • Celah Keamanan Semakin Lebar – Dengan melakukan rooting Android, akses ke dalam file sistem menjadi lebih terbuka. Sehingga Android yang sudah di-root akan lebih rentan terhadap serangan malware.

Metode 1: Root Xiaomi Redmi Note 4G LTE Dengan Magisk

Magisk adalah sebuah tool untuk mendapatkan akses root di perangkat Android, yang pertama kali dikembangkan oleh topjohnwu di tahun 2016. Saat ini Magisk menjadi alternatif SuperSU, tidak hanya sekedar alat root, Magisk juga memiliki banyak fitur lain.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note 4G LTE kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Redmi Note 4G LTE Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi Note 4G LTE kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara membuka akses root sistem Xiaomi Redmi Note 4G LTE yang dapat saya bagikan. Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Leave a Comment