2 Metode Root Xiaomi Mi Pad 3 “cappu” Melalui Magisk Dan SuperSU

Pada postingan kali ini admin akan menjelaskan bagaimana cara root Xiaomi Mi Pad 3 tanpa ribet dan berbelit belit. Seperti yang kita ketahui melakukan rooting terhadap smartphone android sangatlah penting. Banyak sekali hal-hal keren yang dapat kita lakukan jika mendapatkan hak akses root tersebut.

Setelah sukses di saat merilis smartphone tablet mereka Xiaomi Mi Pad 2 pada bulan November tahun 2015. Kali ini Vendor tersukses yang bermarkas di China ini kembali mencoba peruntungannya dengan merilis sebuah Tablet dengan desain menarik serta spesifikasi tinggi yang akan di jadwalkan pada akhir Desember.

Mengusung layar 9,7 Inci serta dengan teknologi IPS beresolusi 2.048 x 1.536 Pixel sehingga sangat cocok digunakan bermain game dan menonton film. Selain itu, tersedia pula dua lubang speaker yang menghasilkan kualitas suara stereo, sehingga memanjakan pengguna Mi Pad 3 ketika menikmati konten multimedia. Bahan material full metal yang kokoh namun tetap ringan tersemat pada desain bodi. Karena Tablet ini hanya berbobot 380 gram. Hal yang cukup menarik dari tampilan luar smartphone ini yang memiliki desain tipis beukuran 6.08 mm. Sehingga memperlihatkan kesan mewah yang stylis.

Beralih ke dapur pacu tersemat prosesor Intel Core m3-7Y30 berkecepatan 2,6 GHz dan RAM 8GB. Spek powerful yang menjamin semua jenis ,kegiatan multitasking apapun. Apalagi hal tetrsebut didukung dengan pengolah grafis GPU Intel HD Graphics 615 serta sistem operasi Windows 10 sehingga mampu membuka apliksi tanpa menuntup apliksai lain yang telah dijalankan.

Beralih ke kamera yang dapat digunakan pada smartphone ini terdapat 2 buah lensa beresolusi 16 Megapixel yang tersemat pada kamera belakang. Sedangkan guna kebutuhan video call tersemat kamera yang memiliki resolusi 8MP yang dapat juga dimanfaatkan sebagai alat selfie terbaik pilihan pengguna.

Perangkat Android ini akan dibekali dengan keyborad eksternal yang memudahkan seseorang ketika mengoperasikan Tablet ini. entah itu untuk mengetik email, browsing maupun kegiatan lainnya. Selain itu terdapat pula fitur mewah yang jarang terdapat pada smartphone kelas Tablet. Yakni Fitur Fingerprint atau biasa di namakan FingerPrint. Fitur keamanan aplikasi yang dapat memberi jaminan keamanan terhadap aplikasi pribadi yang tersemat pada perangkat. Fitur ini hanya dapat dibuka dengan sidik jari pemilik Tablet.

Untuk menjalankan itu semua digunakan baterai berdaya besar mencapai kapasitas 8.290 mAh yang didukung fitur Quick Charge 3.0. Sehingga memberikan efisiensi waktu lebih cepat di saat proses charger. Tersedia perangkat nirkabel berupa Buetooth serta USB yang bermanfaat saat proses transfer data maupun file.Nah untuk lebih lengkapnya silahkan simak tutorial kami berikut ini mengenai cara root Xiaomi MI Pad 3 !

Pengertian Root Android

Rooting merupakan proses mendapatkan akses root untuk Xiaomi Mi Pad 3. Hal ini umumnya dilakukan pada perangkat Android, namun rooting juga bisa terjadi pada perangkat lain berbasis Linux. Pada Linux dan OS seperti UNIX, pengguna root pada dasarnya sama dengan user administrator pada Windows.

Kelebihan dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mi Pad 3

Kelebihan

  • Meningkatkan Performa Game – Dengan root bisa kamu lakukan untuk mendapatkan performa gaming yang lebih baik yang hanya bisa didapatkan dengan nge-root Android kamu. Misalkan dengan nge-tweak game yang ingin kamu mainkan dengan aplikasi yang bernama GLTools.
  • Memindahkan Data ke Storage Eksternal – Meski sebagian besar perangkat Android punya slot Micro SD, ada banyak game yang tidak bisa diinstal sepenuhnya di sana. Hasilnya, internal storage kamu cepat penuh dan tidak dapat diinstal game lagi. Dengan akses root, smartphone kamu bisa memindahkan banyak data game ke storage eksternal.
  • Membuang Aplikasi Ga Penting – Hampir semua pabrikan smartphone Android menjejalkan banyak aplikasi bawaan yang mungkin tidak akan pernah kamu gunakan. Kamu hanya bisa membuang aplikasi bawaan tersebut jika kamu memiliki akses root.
  • Membuka Fitur Tersembunyi – Dengan akses root, kamu bisa membuka banyak fitur dan akses yang sebelumnya tidak diijinkan. Ada banyak sekali sebenarnya fitur yang terbuka namun memang tidak semuanya berguna untuk kalian.

Kekurangan

  • Garansi hilang – Sebagian besar produsen Android tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan root Android. Salah satu konsekuensi dari root Android yang dilakukan adalah hilangnya garansi resmi, walaupun masa garansinya belum habis.
  • Dapat menyebabkan Kerusakan Sistem – kesalahan atau kegagalan saat melakukan root Android, HP Android kamu bisa saja mengalami bootloop, nggak bisa masuk ke sistem.
  • Celah Keamanan Semakin Lebar – Dengan melakukan rooting Android, akses ke dalam file sistem menjadi lebih terbuka. Sehingga Android yang sudah di-root akan lebih rentan terhadap serangan malware.

Metode 1: Root Xiaomi Mi Pad 3 Dengan Magisk

Magisk Root adalah sebuah aplikasi root android yang dikembangkan oleh salah seorang member XDA-Developers bernama Topjohnwu, dimana aplikasi ini merupakan alternatif terbaik Chainfire’s SuperSU yang selama ini sudah kita kenal. Aplikasi ini tergolong baru dikalangan pengguna root, meski kenyataannya sudah ada sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage .
  3. Matikan Xiaomi Mi Pad 3 kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Flash Xiaomi Mi Pad 3
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Mi Pad 3 Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Mi Pad 3 kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara root Xiaomi Mi Pad 3 yang dapat saya bagikan. Jika kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Posting terkait: