Ayo Coba Buka Akses Root Xiaomi Mi Pad 2 Mudah + Cepat

Posted on

Bagi kalian pengguna Xiaomi Mi Pad 2 yang ingin oprek android, ngecheat game, install xposed berarti HP kamu harus di root terlebih dulu. Nah kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian cara root Xiaomi Mi Pad 2 harus menggunakan pc.

Xiaomi kembali merilis tablet terbarunya yang dinamakan Mi Pad 2. Tablet ini merupakan tablet generasi kedua dari Xiaomi Mi Pad, yang membawa banyak perubahan pada segi desain dan pemakaian dapur pacu, yang mana kali ini ia mengandalkan chipset buatan Intel Atom untuk menggantikan chipset Nvidia yang sebelumnya digunakan pada Mi Pad generasi pertama. Sehingga otomatis memiliki nilai jual lebih baik dibandingkan generasi pertama yang masih memakai body plastik.

Panduan Terkait

Berbeda dari versi pertama, tablet Mi Pad 2 sudah mengusung body berbahan material full metal yang di desain sangat tipis dengan ketebalan hanya 6.95 mm. Dan juga menyediakan varian warna champagne gold dan dark grey yang terlihat mewah dan terkesan premium. Menariknya lagi, layar seluas 7.9 inchi tersebut sudah mendukung teknologi Full lamination yang mampu menghasilkan representasi warna yang sangat baik saat kita gunakan untuk membuka gambar ataupun video beresolusi tinggi.

Sebanding Xiaomi Mi Pad 2 yang dibanderol di bawah 3 Jutaan ini telah membawa spesifikasi dapur pacu yang mumpuni. Karena Xiaomi memasangkan chipset Intel Atom X5-Z8500 yang di percaya mampu menghasilkan performa jauh lebih cepat dibandingkan chipset Nvidia Tegra K1 yang sebelumnya digunakan Mi Pad generasi pertama. Sayangnya belum ada peningkatan pada besaran RAM yang digunakan tablet ini, mungkin agar harga Xiaomi Mi Pad 2 bisa dibanderol lebih terjangkau, dan sesuai dengan segmen pasar menengah kebawah.

Tablet ini juga sudah dilengkapi dengan dual kamera, yang mana untuk kamera depan tersedia lensa berukuran 5MP dan kamera belakang berukuran 8MP. Kamera belakang tersebut bukan cuma bisa menghasilkan foto berkualitas, melainkan bisa juga menghasilkan rekaman video beresolusi Full HD [email protected] Sayangnya untuk konektivitas, Xiaomi hanya mendukung koneksi internet lewat WiFi yang tergolong sangat standard. Nah untuk lebih jelasnya lagi, mari simak tutorial selengkapnya mengenai cara root Xiaomi Mi Pad 2 seperti yang telah kami rangkum berikut ini.

Pengertian Root Android

Kata Root dalam dunia Operasi System Linux berati “Master Administrator“, sama seperti di Windows. Oleh karena Android berasal dari Linux maka kata Root sering kita gunakan. Seperti di Linux dengan mendapatkan akses root kita memiliki hak akses sampai ke system OS tersebut.

Apabila kamu nge-Root bearti kamu sedang mencoba untuk mendapatkan akses lebih dalam lagi ke system smartphone kalian yaitu Android, apabila akses root berhasil kalian dapat dengan leluasa melakukan modifikasi file-file system yang terdapat di smartphone agan seperti meningkatkan kinerja prosessornya dengan melakukan Overclocking ataupun melakukan kustomisasi sehingga tampilannya berubah seperti yang kalian inginkan.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mi Pad 2

Kelebihan

  • Dapat Mengakses File Root – Kalian dapat mengakses file terdalam, seperti file sistem maupun file berkas sistem. Sehingga kalian dapat sesuka hati mengakses maupun memodifikasi filenya, tetapi juga ada resiko seperti bootlop ya.
  • Dapat menghapus Aplikasi Bawaan – Setiap Android dilengkapi dengan banyak aplikasi langsung dari pabriknya. Beberapa di antaranya berguna untuk digunakan , tetapi kebanyakan tidak berguna. Namun, setelah melakukan root pada android kalian, semua aplikasi tersebut dapat dihapus sehingga melonggarkan penyimpanan internal dari HP kalian.
  • Overclock CPU – Android root dapat memperlambat ataupun mempercepat kinerja CPU sehingga dapat memperoleh kinerja CPU yang maksimal.
  • Dapat Memasang Tweak – Tweak adalah script yang berguna memodifikasi file-file sistem sehingga bekerja sesuai yang kita inginkan. Seperti memodifikasi kecepatan, mengatasi lag, maupun memodifkasi kernel.

Kekurangan

  • Hilangnya Garansi – Bagi kalian yang Xiaomi Mi Pad 2 masih ada garansinya, usahakan jangan root HP kalian karena dapat menghilangkan garansi. Sehingga kalian tidak dapat klaim garansi karena android kalian sudah diroot.
  • Tidak Menerima Pembaruan – Perangkat lunak sistem android kalian tidak dapat diperbarui karena sudah dimodifikasi. Ketika sudah download dan ingin install pembaruan pasti akan menerima notifikasi perangkat tidak dapat menginstal pembaruan karena sudah dimodifikasi.

Metode 1: Root Xiaomi Mi Pad 2 Dengan Magisk

Magisk Root adalah sebuah aplikasi root android yang dikembangkan oleh salah seorang member XDA-Developers bernama Topjohnwu, dimana aplikasi ini merupakan alternatif terbaik Chainfire’s SuperSU yang selama ini sudah kita kenal. Aplikasi ini tergolong baru dikalangan pengguna root, meski kenyataannya sudah ada sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Mi Pad 2 kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Mi Pad 2 Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Mi Pad 2 kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara root Xiaomi Mi Pad 2 yang dapat saya bagikan. Kalau kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.