Cara Root Xiaomi Mi Note 2 “Scorpio” Android Marshmallow Dan Nougat

Root Xiaomi Mi Note 2 – kalian pengguna Xiaomi Mi Note 2 yang ingin oprek android, ngecheat game, install xposed berarti HP kamu harus di root terlebih dulu. Nah kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian cara root Xiaomi Mi Note 2 harus menggunakan PC.

Seperti namanya, Xiaomi Mi Note 2 ini merupakan HP Xiaomi yang akan menjadi penerus bagi kesuksesan dari Xiaomi Mi Note. Sebagai penerus, tentu saja Xiaomi Mi Note 2 ini tetap membawa spesifikasi yang lebih spesial dan lebih garang tentunya, bahkan spesifikasinya lebih tinggi dibandingkan Xiaomi Mi5.

Mi Note 2 dibekali dengan layar yang lebih besar mencapai 5.7 inchi, sehingga akan lebih mengasyikkan digunakan bermain game ataupun menonton film dibandingkan memakai Mi5 yang memiliki layar lebih kecil, yakni 5.15 inchi.

Dlam hal performa smartrphone ini diperkuat oleh hardware terbaru, seperti chipset Snapdragon 820 dengan kecepatan processor Dual-core 2.15 GHz Kryo dual-core 1.6 GHz Kryo. Kemudian, tersedia pula pengolahan grafis Adreno 530 dan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka MIUI 7, yang memungkinkan kinerja powerful dan performa responsif.

Yang menarik di sini ialah, harga Xiaomi Mi Note 2 nantinya akan di bedakan dengan kapasitas memori internalnya. Dimana terdapat pilihan memori, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, bahkan ada yang mencapai 256 GB.

di bagian kamera telah didukung dengan kamera belakang beresolusi 16 Megapixel yang di dalamnya didukung fitur Optical Image Stabilization (OIS). Fitur tersebut di persiapkan untuk meningkatkan kualitas rekaman video beresolusi 4K agar gambarnya bisa lebih stabil, dan terhindar dari blur.

Selain itu untuk kamera depannya telah dibekali dengan kamera berlensa 4 Megapixel yang memiliki lensa berukuran 1/3, dan 2µm pixel size. Kamera tersebut sebelumnya digunakan oleh Xiaomi Mi5 serta Xiaomi Mi Note Pro, dan terbukti mampu menghasilkan foto selfie dengan kualitas gambar sangat baik, tajam, dan jernih.

Nah untuk lebih jelasnya lagi, mari simak tutorial selengkapnya mengenai cara root Xiaomi Mi Note 2 yang telah kami rangkum seperti berikut ini.

Pengertian Root Android

ROOT adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file yang ada pada Xiaomi Mi Note 2 kalian, seperti command, system, dalam sistem berbasis linux, intinya ROOT ini memiliki akses Android tanpa batas, jika android telah di ROOT maka kalian akan bisa mengapus, mengubah, menambah, bahkan merusak semua yang ada pada system android.
nge-Root artinya membuka kunci pengaman administrator (admin) pada sistem Android.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mi Note 2

Kelebihan

  • Memiliki hak akses Penuh – Manfaat Root yang paling penting ialah ini, kamu mempunyai kekuasaan penuh dengan Xiaomi Mi Note 2 milik mu. Dengan akses ini maka kamu dapat melakukan banyak hal Untuk HP kamu. Seperti melakukan update, install, delete atau edit seluruh file sesuka hati. Manfaat selanjutnya juga bisa diperoleh karena memiliki hak penuh ini.
  • Membuat kinerja performa smartphone meningkat – Sebenarnya kamu dapat meningkatkan performa hp android dengan mudah. Cukup dengan melakukan pengaturan pada file system. Layaknya pengaturan Prosesor, RAM, GPU, agar dapat bekerja dengan maksimal. Manfaat Root Hp satu ini sangatlah penting untuk kamu yang memiliki HP Android dengan spesifikasi yang kurang joss.
  • Bebas Memodifikasi sistem operasi – Dengan memiliki hak penuh melalui root di hp kamu. Sekarang kamu leluasa mengedit file system. Mulai dari menghapus aplikasi bawaan, menambah aplikasi system. Bahkan kamu dapat memasang custom rom sendiri. Dengan leluasa melihat dan memodifikasi file sistem inti di OS android dan secara tidak langsung juga mengetahui seluk beluk dari smartphone kesayangan.

Kekurangan

  • Hilangnya Garansi – Bagi kalian yang Xiaomi Mi Note 2 masih ada garansinya, usahakan jangan root HP kalian karena dapat menghilangkan garansi. Sehingga kalian tidak dapat klaim garansi karena android kalian sudah diroot.
  • Rentan Terhadap serangan virus – Akibat Xiaomi Mi Note 2 di root juga berarti melepas pengamanan pada smartphone android yang telah diberikan pihak produsen. Maka Hp akan rentan terinfeksi serangan virus, jika tidak diawasi dengan baik.

Metode 1: Root Xiaomi Mi Note 2 Dengan Magisk

Magisk Root adalah sebuah aplikasi root android yang dikembangkan oleh salah seorang member XDA-Developers bernama Topjohnwu, dimana aplikasi ini merupakan alternatif terbaik Chainfire’s SuperSU yang selama ini sudah kita kenal. Aplikasi ini tergolong baru dikalangan pengguna root, meski kenyataannya sudah ada sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage .
  3. Matikan Xiaomi Mi Note 2 sobat, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Flash Xiaomi Mi Note 2
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Mi Note 2 Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Mi Note 2 kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara mendapatkan akses root Xiaomi Mi Note 2 yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.