Cara Root Xiaomi Redmi 3X Dengan Magisk Dan SuperSU

Ketika kamu merasa bahwa Xiaomi Redmi 3X sangat terbatas dalam pengoperasianya, berarti sudah sampai pada tahap pemakaian dimana anda membutuhkan akses root sebagai sarana mengembangkan pemakaian android. Xiaomi Redmi 3X yang banyak digemari orang tentunya akan memiliki fitur yang lebih hebat jika root dilakukan dalam HP ini. kamu bisa mendapat aplikasi lebih banyak dan memainkan berbagai aplikasi terlarang pula. Sekarang, mari kita pelajari cara mudah yang bisa anda tempuh untuk melakukan rooting.

Bertambah satu lagi smartphone murah berkualitas yang dimiliki Xiaomi, yaitu smartphone bernama Redmi 3X. Smartphone ini memang dipasarkan kurang dari 2 Juta Rupiah, tapi sudah ada berbagai fitur canggih dan hardware terbaru yang mampu menandingi smartphone berbanderol 2 Jutaan hingga 3 Jutaan. Itulah kelebihan Xiaomi, karena mereka tak segan-segan untuk mempersenjatai smartphonenya dengan hardware terbaik, namun harganya tetap dibanderol terjangkau.

Tak hanya murah, smartphone ini juga memiliki desain premium yang dibalut material full metal dengan layar HD berukuran 5 inchi. Bahkan Redmi 3X akan siap bersaing melawan Meizu M5 yang dipasarkan untuk segmen entry-level. Namun antara Xiaomi dan Meizu telah memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal sistem operasi. Karena Redmi 3X telah mengandalkan antarmuka MIUI, sedangkan Meizu mengandalkan antarmuka Flyme OS. Selain itu, smartphone ini juga mengandalkan chipset buatan Qualcomm, sedangkan Meizu memilih memakai Mediatek.

Dengan dukungan hardware terbaik tersebut membuktikan jika Redmi 3X memiliki performa lebih mumpuni dan kinerja gaming lebih powerful dengan mengusung GPU Adreno 505. Selain itu, desain yang di bawa juga sangat premium, dimana Xiaomi telah membalutnya dengan bodi berbahan metal magnesium alloy yang memiliki ukuran dimensi panjang 139.4 mm, lebar 69.7 mm, dan ketebalan 8.5 mm. Sedangkan untuk beratnya sendiri mencapai 146 gram, yang tergolong ringan dan mudah ketika digunakan dengan menggunakan satu tangan, walaupun untuk ukuran layar yang digunakan juga sangat lebar seluas 5 inchi. Selain itu, di bagian belakang juga ditempatkan sensor FingerPrint layaknya Redmi 3s Prime.

Dalam hal performa Redmi 3X ini memang sangat menakjubkan, mengingat Redmi 3X dibanderol lebih murah dibandingkan smartphone entry-level sekelasnya. Terlebih, smartphone ini juga memiliki kamera yang memiliki resolusi tinggi yang didukung teknologi Phase Detection Autofocus, sehingga nantinya mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi yang terlihat tajam dan jernih. Lalu ada pula dapur pacu mumpuni yang siap memaksimalkan kinerja gaming dan multitasking Redmi 3X. Nah untuk lebih jelasnya lagi, mari simak tutorial selengkapnya mengenai cara root Xiaomi Redmi 3X yang telah kami rangkum seperti berikut ini.

Pengertian Root Android

ROOT adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file yang ada pada Xiaomi Redmi 3X kalian, seperti command, system, dalam sistem berbasis linux, intinya ROOT ini memiliki akses Android tanpa batas, jika android telah di ROOT maka kalian akan bisa mengapus, mengubah, menambah, bahkan merusak semua yang ada pada system android.
nge-Root artinya membuka kunci pengaman administrator (admin) pada sistem Android.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Xiaomi Redmi 3X

Kelebihan

  • Memiliki hak akses Penuh – Manfaat Root yang paling penting ialah ini, kamu mempunyai kekuasaan penuh dengan Xiaomi Redmi 3X milik mu. Dengan akses ini maka kamu dapat melakukan banyak hal Untuk HP kamu. Seperti melakukan update, install, delete atau edit seluruh file sesuka hati. Manfaat selanjutnya juga bisa diperoleh karena memiliki hak penuh ini.
  • Membuat kinerja performa smartphone meningkat – Sebenarnya kamu dapat meningkatkan performa hp android dengan mudah. Cukup dengan melakukan pengaturan pada file system. Layaknya pengaturan Prosesor, RAM, GPU, agar dapat bekerja dengan maksimal. Manfaat Root Hp satu ini sangatlah penting untuk kamu yang memiliki HP Android dengan spesifikasi yang kurang joss.
  • Bebas Memodifikasi sistem operasi – Dengan memiliki hak penuh melalui root di hp kamu. Sekarang kamu leluasa mengedit file system. Mulai dari menghapus aplikasi bawaan, menambah aplikasi system. Bahkan kamu dapat memasang custom rom sendiri. Dengan leluasa melihat dan memodifikasi file sistem inti di OS android dan secara tidak langsung juga mengetahui seluk beluk dari smartphone kesayangan.

Kekurangan

  • Hilangnya Garansi – Bagi kalian yang Xiaomi Redmi 3X masih ada garansinya, usahakan jangan root HP kalian karena dapat menghilangkan garansi. Sehingga kalian tidak dapat klaim garansi karena android kalian sudah diroot.
  • Rentan Terhadap serangan virus – Akibat Xiaomi Redmi 3X di root juga berarti melepas pengamanan pada smartphone android yang telah diberikan pihak produsen. Maka Hp akan rentan terinfeksi serangan virus, jika tidak diawasi dengan baik.

Metode 1: Root Xiaomi Redmi 3X Dengan Magisk

Magisk Root adalah sebuah aplikasi root android yang dikembangkan oleh salah seorang member XDA-Developers bernama Topjohnwu, dimana aplikasi ini merupakan alternatif terbaik Chainfire’s SuperSU yang selama ini sudah kita kenal. Aplikasi ini tergolong baru dikalangan pengguna root, meski kenyataannya sudah ada sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage .
  3. Matikan Xiaomi Redmi 3X kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
    Flash Xiaomi Redmi 3X
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Redmi 3X Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi 3X kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara membuka akses root sistem Xiaomi Redmi 3X yang dapat saya bagikan. Kalau kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Posting terkait: