Cara Root Redmi 3 Pro “IDO” via Magisk / SuperSU

Posted on

Cara Root Redmi 3 Pro – Ketika kamu merasa bahwa Xiaomi Redmi 3 Pro sangat terbatas dalam pengoperasianya, berarti sudah sampai pada tahap pemakaian dimana anda membutuhkan akses root sebagai sarana mengembangkan pemakaian android. Xiaomi Redmi 3 Pro yang banyak digemari orang tentunya akan memiliki fitur yang lebih hebat jika root dilakukan dalam HP ini. Kamu bisa mendapat aplikasi lebih banyak dan memainkan berbagai aplikasi terlarang pula. Sekarang, mari kita pelajari cara mudah yang bisa anda tempuh untuk melakukan rooting.

Xiaomi kembali merilis smartphone murah terbarunya yang diberi nama Redmi 3 Pro. Kehadiran smartphone ini sudah terdengar sejak kabar spesifikasinya muncul pada situs TENNA, dan beberapa media menyebutnya sebagai Xiaomi Redmi 3s.

Rupanya Xiaomi lebih memilih nama Pro untuk mencerminkan kehebatan smartphone ini, yang mana performanya akan jauh lebih baik dibandingkan Redmi 3 versi pertama. Begitu pula dengan fitur yang di bawanya, dimana sudah ada fitur fingerprint yang berada sisi belakang handphone ini.

Panduan Terkait

Redmi 3 Pro di jual Xiaomi di bawah 2 Juta rupiah, sesuai dengan kelas entry-level yang di sasarnya. Meskipun begitu kemampuan smartphone ini janganlah di anggap remeh. Karena smartphone ini telah menggunakan chipset Snapdragon 616 sebagai otak dapur pacunya. Xiaomi juga telah menambah kapasitas RAM dari sebelumnya 2 GB menjadi 3 GB.

Apabila kalian berkeinganan memasang aplikasi yang butuh akses root seperti Google Camera, agar bisa mendapatkan hasil foto yang lebih blur dengan fitur potraitnya kamu harus membuka akses root terlebih dahulu.

Nah untuk lebih jelasnya lagi mari simak tutorial selengkapnya mengenai cara root Xiaomi Redmi 3 Pro seperti yang telah kami rangkum berikut ini.

Pengertian Root Android

ROOT adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file yang ada pada Xiaomi Redmi 3 Pro kalian, seperti command, system, dalam sistem berbasis linux, intinya ROOT ini memiliki akses Android tanpa batas, jika android telah di ROOT maka kalian akan bisa mengapus, mengubah, menambah, bahkan merusak semua yang ada pada system android.

Kelebihan Root

  • Dapat melakukan pengaturan untuk memaksimalkan kinerja smartphone.
    Dengan melakukan overclock, processor dapat kerja lebih cepat dari kecepatan bawaannya yang secara keseluruhan dapat meningkatkan kinerja smartphone.
  • Dapat Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik
    Kita dapat melakukan uninstall aplikasi-aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna dan hanya memenuhi memori telepon. Namun, jika Anda berniat melakukan hal ini sebaiknya berhati-hati, karena jika salah uninstall dapat menyebabkan kinerja handphone menjadi tidak sempurna.

Kekurangan Root

  • Menghilangkan Garansi Android Anda – Sangat besar kemungkinan klaim garansi akan ditolak dengan alasan bahwa HP rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.
  • Masalah Keamanan Pada Android – Dengan melakukan Root, maka aplikasi-aplikasi malware seperti virus atau Trojan dapat dengan mudahnya masuk ke file sistem dan melakukan pengrusakan atau melakukan pencurian data-data pengguna.

Metode 1: Root Xiaomi Redmi 3 Pro Dengan Magisk

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Redmi 3 Pro kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Metode 2: Root Xiaomi Redmi 3 Pro Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Redmi 3 Pro kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Akhir Kata

Sekarang, kamu sudah tahu mengenai kelebihan dan cara root Redmi 3 Pro (IDO). Semoga dengan adanya tutorial ini bisa membantu kamu untuk membuka akses root dengan menggunakan Magisk atau SuperSU.

Share informasi cara root ini ke teman-teman agar mereka dapat lebih memaksimalkan Redmi 3 Pro ini seperti overclock prosessor, mengubah default penyimpanan ke SDcard, menghapus aplikasi bawaan, dan lain sebagainya.

Terima kasih telah membaca tutorial ini dan terus mengunjungi Kasakisi.com untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik tentang Redmi 3 Pro. Jika kamu menemukan masalah yang berhubungan dengan metode root diatas, Silahkan berkomentar di bawah ini, dan saya akan mencoba membantu kamu untuk mengatasi masalah yang dialami.

Demikianlah cara membuka akses root sistem Xiaomi Redmi 3 Pro yang dapat saya bagikan. Silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.