Cara Unlock Bootloader / TWRP / Root Motorola Moto G5

Buat kamu yang sedang mencari cara Unlock Bootloader, pasang TWRP dan Root Motorola Moto G5 ini, silahkan simak tutorial lengkapnya dibawah. Disini prosesnya cukup panjang ya, pertama kalian harus Unlock Bootloader terelbih dahulu setelah itu baru bisa pasang TWRP dan kalau TWRP sudah terinstall di Moto G5 ini, kamu dapat dengan mudah mendapatkan akses root lewat Magisk.

Setelah di tahun 2014 brand terkenal dari USA bernama Motorola berhasil merilis Moto G yang berkembang dari tahun ke tahun dengan di mulainya series tersebut. Dan pada tahun 2017 kembali meluncurkan sebuah smartphone dengan spesifikasi yang akan mengisi kelas menengah dengan series nama Moto G5.

Smartphone 1 jutaan ini memakai bahan material full metal yang kokoh namun tetap ringan, selain itu lini fotografi juga mumpuni yang akan dibekali dengan kamera yang memiliki resolusi 13MP yang terdapat pada kamera belakang dan 5MP yang tersemat pada kamera depan.

Cara Unlock Bootloader Moto G5

  1. Download file ADB Fastboot, kemudian extract filenya di komputer Windows kamu. Hasil extract akan ada beberapa file seperti pada gambar di bawah ini.
  2. Sekarang kamu aktifkan USB Debugging Motorola dan OEM Unlock dengan cara klik 7x pada tulisan Build Number / Nomor Bentukan sampai muncul tulisan “Anda sekarang adalah seorang pengembang“.
  3. Kemudian buka Developer Option atau Opsi Pengembang yang ada di menu Setelan, Setelah itu aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  4. Sekarang masuk ke Fastboot Mode, caranya matikan HP Motorola kamu kemudian tekan tombol Volume Bawah dan Power beberapa saat kemudian lepaskan. Kalau berhasil masuk ke Fastboot Flash Mode akan nampak seperti gambar di bawah ini.
  5. Sekarang buka folder adb-fastboot-windows yang tadi telah di extract. Kemudian klik 2x pada start.cmd, Command Prompt akan terbuka.
  6. kamu ketik : fastboot oem get_unlock_data
  7. Nanti pada command prompt akan muncul kode bootloader smartphone Moto G5 kamu. Copy kode tersebut, untuk caranya klik kanan kemudian pilih Mark setelah itu marking semua kode tersebut. Kemudian Ctrl + C atau pilih Enter. Otomatis kode tersebut akan tersalin.
  8. Paste kode yang sudah di salin ke Notepad. Kemudian hilangkan spasi, nanti hasilnya akan kode-kode tersebut menjadi satu baris.
  9. Sekarang kamu request unlock bootloader ke Motorola. Buka Situs Motorola Kemudian login menggunakan ID Motorola kalau belum punya bisa gunakan Akun Google kamu.
  10. Nanti akan masuk ke halaman Unlock Bootloader. Nah, paste kode yang ada di Notepad ke kolom di atas tombol Can my device be unlocked. Selanjutnya klik tombol tersebut.
  11. Sekarang kamu centang pada “I Agree” kemudian klik tombol Request Unlock Key.
  12. Nanti Motorola akan mengirimkan email yang berisi 20 karakter kode unik untuk membuka kunci bootloader Moto G5 kamu. Lamanya email tidak tentu terkadang cepat terkadang bisa 5 hari.
  13. Sekarang Moto G5 masuk ke Fastboot Mode kemudian jalankan ADB Fastboot dengan klik 2x Start.cmd. Misalkan pada emailnya berisi kode :85RTFLHRC5073GJJTMG
  14. maka kamu ketik perintah: fastboot oem unlock 85RTFLHRC5073GJJTMG
  15. Otomatis Moto G5 kamu akan Reboot dan terhapus semua data-datanya, dan akan nampak tulisan Warning Bootloader Unlocked setiap Moto G5 di dihidupkan.

Sekarang Moto G5 kamu sudah sukses di Unlock Bootloader, dan sudah bisa melangkah ke step berikutnya yakni memasang TWRP.

Bahan TWRP Moto G5

  1. Download dan install Minimal ADB and Fastboot di PC/Laptop
  2. Download TWRP khusus buat Moto G5
  3. lazyflasher-no-verity-opt-encrypt.zip

Apabila kamu telah siap dengan syarat di atas dan mengunduh bahan twrpnya kita akan lanjut ke step berikutnya yakni pemasangan TWRP Moto G5.

Cara Install TWRP Moto G5

  1. Ganti nama TWRP nya agar mempermudah kita saat pengetikan command prompt misalkan twrp-3.1.1-0.img menjadi twrp.img
  2. Lalu pindahkan file twrp.img yang sudah di rename ke :
    Jika Windows 64bit: C:Program Files (x86)Minimal ADB and Fastboot
    Jika Winows 32bit: C:Program FilesMinimal ADB and Fastboot
  3. Matikan Moto G5 kamu dan masuk ke Fastboot Mode. Caranya tekan dan tahan Volume Bawah dan Power secara bersamaan sampai Logo Fastboot Muncul.
  4. Sambungkan smartphone ke komputer atau laptop menggunakan kabel USB
  5. Double klik file py_cmd.exe yang ada di Folder installan minimal ADB and Fasbootnya
  6. Kemudian pada Command Prompt (CMD) ketikan Perintah seperti di bawah ini :
  7. fastboot devices
  8. Kemudian tekan ENTER
  9. Setelah itu lanjut dengan mengetikan perintah
  10. fastboot flash recovery recovery.img
  11. Dan klik ENTER
  12. Langkah teakhir ketik
  13. fastboot boot recovery.img
  14. Dan pencet ENTER
  15. Setelah itu Moto G5 kamu akan otomatis masuk ke Menu TWRP atau masuk ke TWRP secara manual dengan cara tekan dan tahan tombol Volume ATAS dan POWER.
  16. Jika sudah masuk ke TWRP, aktifkan Never show this screen during boot again kemudian geser Swipe to allow Modification.
  17. Berikutnya tekan Install lalu cari File lazyflasher-no-verity-opt-encrypts.zip lalu Swipe ke kanan pada Swipe to Confirm Flash.
  18. Silahkan di reboot dan selesai.

Sekarang Motorola G5 kamu sudah sukses terpasang TWRP, kamu sudah bisa memasang berbagai custom rom yang telah banyak dishare oleh para penggembang.

Tapi kalau kalian hanya ingin di root saja kamu bisa mengikuti tutorial root di bawah ini.

Pengertian Root Android

Kata Root dalam dunia Operasi System Linux berati “Master Administrator“, sama seperti di Windows. Oleh karena Android berasal dari Linux maka kata Root sering kita gunakan. Seperti di Linux dengan mendapatkan akses root kita memiliki hak akses sampai ke system OS tersebut.

Apabila kamu nge-Root bearti kamu sedang mencoba untuk mendapatkan akses lebih dalam lagi ke system smartphone kalian yaitu Android, apabila akses root berhasil kalian dapat dengan leluasa melakukan modifikasi file-file system yang terdapat di smartphone agan seperti meningkatkan kinerja prosessornya dengan melakukan Overclocking ataupun melakukan kustomisasi sehingga tampilannya berubah seperti yang kalian inginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Root Di Motorola Moto G5

Kelebihan

  • Memungkinkan untuk memindahkan data dan aplikasi ke Sdcard dengan leluasa
  • Kita dapat mengelola penggunaan RAM dengan lebih bebas
  • Mendapatkan kebebasan mengkostumisasi tampilan sistem dengan mudah
  • Mampu meningkatkan daya tahan baterai
  • Pengguna dapat memasang Custom ROM untuk meningkatkan kinerja, tampilan, maupun fitur lainnya

Kekurangan

  • Keamanan perangkat menurun
  • Dukungan Pembaruan Sistem Bermasalah
  • Garansi akan hangus

Cara Root Moto G5 Dengan Magisk

  1. Unduh Official Magisk Root Tool dan Magisk uninstaller (gunakan file ini apabila ingin di unroot dan juga berfungsi untuk atas bootloop)
  2. Pindahkan kedua file magisk ke Internal storage supaya mudah di temukan nanti.
  3. Matikan Motorola Moto Z2 Force, kemudian tekan tombol Volume Atas dan Power bersamaan dan tahan sejenak kemudian lepaskan kalau sudah muncul logo MI.
  4. Kalau prosesnya berhasil akan masuk ke menu TWRP dan pilih Install
  5. Temukan file Magisk-v16.0.zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System
  7. Jika muncul permintaan pemasangan SuperSU, pilih Do Not Install

Demikianlah cara root Motorola Moto G5 yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.

Posting terkait: