2 Metode Root Xiaomi Mi 5s Plus (Natrium) Dengan Magisk

Posted on

Cara Root Xiaomi Mi 5s Plus – Seperti kebanyakan pengguna android, tentu setiap pengguna dari setiap jenis android akan membutuhkan akses root. Baik itu untuk sekedar mendapatkan akses root ataupun untuk berbagai hal khusus yang diperlukan, tentu akses root sangatlah dibutuhkan.

Xiaomi kembali mengeluarkan smartphone terbarunya sesuai yang yang di tunggu oleh para penggemarnya, smartphone yang diberi nama Mi 5s Plus ini dirilis berbarengan dengan saudara kembarnya yang bernama Xiaomi Mi5s, tapi untuk urusan performa dan fitur Mi 5s Plus masih berada di dari Mi5s, untuk harga yang ditawarkan cukup terjangkau jika di lihat dari fitur- fitur yang disematkan pada hp tersebut, menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 821 dan RAM berkapasitas besar. Karena itu performanya akan sangat cepat dan mampu mengalahkan smartphone flagship yang dibanderol lebih mahal.

Spesifikasi yang di tawarkan cukup menggoda memakai layar 5,7 inci sehingga cukup lebar jika digunakan saat menonton film, di sisi lain pada sistem mesin menggunakan dapur pacu OS Android Marshmallow / MIUI 8 serta menggunakan chip Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 tentu akan menambah performa dalam bermain game ataupun berselancar dalam internet sangat nyaman tanpa adanya lag. selain itu memori yang disematkan juga sangat besar hingga mencapai 64GB untuk memori internal serta menggunakan RAM dengan kapasitas 4 GB.

Panduan Terkait

Dari bagian kamera Xiaomi Mi 5s Plus pada kamera belakang/belakang dilengkapi dengan kamera berkapasitas 13MP Aperture f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash sehingga mampu mengambil gambar sangat jernih dalam kondisi yang cukup minim cahaya, dari bagian kamera depan dilengkapi dengan kamera yang memiliki resolusi 4 Megapixel sehingga cukup nyaman saat digunakan kegiatan video call ataupun berfoto selfie.

Pengertian Root Android

Kata Root dalam dunia Operasi System Linux berati “Master Administrator“, sama seperti di Windows. Oleh karena Android berasal dari Linux maka kata Root sering kita gunakan. Seperti di Linux dengan mendapatkan akses root kita memiliki hak akses sampai ke system OS tersebut.

Apabila kamu nge-Root bearti kamu sedang mencoba untuk mendapatkan akses lebih dalam lagi ke system smartphone kalian yaitu Android, apabila akses root berhasil kalian dapat dengan leluasa melakukan modifikasi file-file system yang terdapat di smartphone agan seperti meningkatkan kinerja prosessornya dengan melakukan Overclocking ataupun melakukan kustomisasi sehingga tampilannya berubah seperti yang kalian inginkan.

Kelebihan Dan Kekurangan Root Di Xiaomi Mi 5s Plus

Kelebihan

  • Memiliki hak akses Penuh – Manfaat Root yang paling penting ialah ini, kamu mempunyai kekuasaan penuh dengan Xiaomi Mi 5s Plus milik mu. Dengan akses ini maka kamu dapat melakukan banyak hal Untuk HP kamu. Seperti melakukan update, install, delete atau edit seluruh file sesuka hati. Manfaat selanjutnya juga bisa diperoleh karena memiliki hak penuh ini.
  • Membuat kinerja performa smartphone meningkat – Sebenarnya kamu dapat meningkatkan performa hp android dengan mudah. Cukup dengan melakukan pengaturan pada file system. Layaknya pengaturan Prosesor, RAM, GPU, agar dapat bekerja dengan maksimal. Manfaat Root Hp satu ini sangatlah penting untuk kamu yang memiliki HP Android dengan spesifikasi yang kurang joss.
  • Bebas Memodifikasi sistem operasi – Dengan memiliki hak penuh melalui root di hp kamu. Sekarang kamu leluasa mengedit file system. Mulai dari menghapus aplikasi bawaan, menambah aplikasi system. Bahkan kamu dapat memasang custom rom sendiri. Dengan leluasa melihat dan memodifikasi file sistem inti di OS android dan secara tidak langsung juga mengetahui seluk beluk dari smartphone kesayangan.

Kekurangan

  • Hilangnya Garansi – Bagi kalian yang Xiaomi Mi 5s Plus masih ada garansinya, usahakan jangan root HP kalian karena dapat menghilangkan garansi. Sehingga kalian tidak dapat klaim garansi karena android kalian sudah diroot.
  • Rentan Terhadap serangan virus – Akibat Xiaomi Mi 5s Plus di root juga berarti melepas pengamanan pada smartphone android yang telah diberikan pihak produsen. Maka Hp akan rentan terinfeksi serangan virus, jika tidak diawasi dengan baik.

Syarat

Sudah melakukan Unlock Bootloader dan terpasang TWRP.

Metode 1: Root Xiaomi Mi 5s Plus Dengan Magisk

Magisk merupakan root tool yang dikembangkan oleh Topjohnwu yang memiliki fungsi gabungan antara SuperSU dan Xposed Framework. Magisk ini akan dikelola menggunakan aplikasi Magisk Manager yang merupakan sebuah aplikasi pendukung menjalankan Magisk.

  1. Download file Root Magisk Universal Systemless Interface
  2. Pindahkan filenya ke Internal Storage.
  3. Matikan Xiaomi Mi 5s Plus kamu, tekan tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Jika sudah masuk TWRP, pilih Install
  5. Cari dan pilih file Magisk .zip. Kemudian geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Setelah proses flash berhasil, lanjut dengan memilih Reboot to System

Kalau kamu kurang suka dengan Magisk root, dan ingin menggunakan SuperSU, di bawah ini saya bagikan juga tutorial ngeroot Mi 5s Plus ini dengan SuperSU.

Metode 2: Root Xiaomi Mi 5s Plus Dengan SuperSU

  1. Download file SuperSU v2.82
  2. Letakan filenya di Internal Storage HP kamu.
  3. Matikan Xiaomi Mi 5s Plus kamu, pencet tombol Volume Atas dan Power secara bersamaan dan lepaskan apabila telah muncul logo MI.
  4. Saat di TWRP, pilih Install
  5. Temukan file SuperSU-v2.82-201705271822.zip. Geser tombol Swipe to Confirm Flash
  6. Instalasi sukses dan selesai, pilih Reboot to System

Demikianlah cara membuka akses root sistem Xiaomi Mi 5s Plus yang dapat saya bagikan. Apabila kamu mempunyai kendala maupun kesulitan pada saat proses rooting, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang disediakan di bawah ini.