7 Tips Memotret dengan HP Menghasilkan Foto yang Bagus.

Posted on

Handphone merupakan perangkat yang hampir dimiliki oleh semua orang dan selalu dibawa kemana-mana. Jika dahulu kala hanphone kebanyakan digunakan untuk digunakan sebagai perangkat untuk SMS atau telepon saja. Kini fungsi handphone fungsinya lebih digunakan untuk memutar musik, GPS, perekam, organizer dan tentu saja kamera.

Kebutuhan manusia dalam dunia teknologi membuat adanya persaingan yang ketat antara para produsen handphone untuk berlomba-lomba dalam meningkatkan kemampuan fitur-fitur pada handphone, salah satunya dengan meningkatkan kualitas kamera yang sering digunakan untuk ajang eksistensi seseorang. Fitur yang terdapat pada kamera handphone terkadang tidak menentukan hasil foto menjadi lebih bagus untuk dilihat atau dipamerkan. Bisa jadi hal tersebut bukan dikarenakan kualitas kamera, tetapi cara kamu dalam menggunakannya.

Sebenarnya kamu bisa menggunakan beberapa tips foto dengan kamera HP untuk menghasilkan gambar yang bagus:

Lihat Fitur dan Spesifikasi Kamera

Tips foto dengan kamera hp pertama yaitu dengan melihat fitur dan spesifikasi yang ada pada handphone­-mu. Cek berapa besar megapixel kamera kamu, jenis lensa yang digunakan , ISO, dan lainnya. Kamu bisa mengatur besaran megapixel ke resolusi paling tinggi.

Bersihkan Lensa Kamera

Ini hal sepele tetapi penting untuk dilakukan, yaitu dengan membersihkan lensa kamera hanpdhone sebelum digunakan . Lihatlah apakah ada debu, keringat ataupun bekas sidik jari yang menempel di lensa kamera, jika ada. Segera bersihkan dengan menggunakan kain halus atau kaos yang kamu gunakan. Usap secara perlahan, jangan sampai menggores lensa kacanya.

Jangan Gunakan Filter Kamera

Di setiap aplikasi kamera bawaan sebuah handdphone biasanya memiliki banyak filter yang bisa membuat foto kamu terlihat tampak berbeda dengan aslinya. Misalnya seperti filter hitam putih, retro, Valencia, x-pro, sierra, monogram dan masih banyak lagi. Sebaiknya hindari menggunakan filter-filter seperti itu yang bisa membuat foto kamu terlihat tampak tidak asli, pecah dan menjadi jelek.

Pilih pencahayaan yang tepat

Pencahayaan adalah salah satu bagian penting dalam fotografi. Hal ini karena bisa membuat gambar tampak lebih indah. Kalian bisa merekam indahnya bayangan yang dihasilkan matahari pada berbagai subjek. Pantulan cahaya di gedung-gedung juga bisa menjadi objek foto menarik. Selain itu, cahaya yang masuk dari jendela ke dalam ruangan juga bisa menjadi hal yang indah untuk dibidik.

Kalian bisa memanfaatkan golden hour untuk mempraktikkan pengambilan gambar dengan cahaya. Golden hour dalam fotografi adalah waktu singkat setelah matahari terbit atau sebelum matahari terbenam. Hal yang harus diingat adalah menggunakan HP bukan pilihan terbaik untuk mengambil foto dengan kondisi minim cahaya. Oleh karena itu, kalian harus memanfaatkan berbagai fitur pada kamera HP sebaik mungkin.

Hindari Penggunaan Zoom

Jika handphone kamu bukanlah tipe yang memiliki dua lensa di bagian belakang dengan salah satunya memiliki zoom optical, kamu harus memotret objek dengan jarak yang dekat sehingga foto yang dihasilkan tidak pecah. Karena jika kamu memakasakan untuk melakukan zoom, maka foto yang dihasilkan akan pecah dan berkurangnya ketajaman.

Gunakan Fitur Auto Fokus

Tips foto dengan kamera hp selanjutnya yaitu dengan menggunakan fitur auto fokus yang dapat membantu kamu dalam membidik objek makro atau background agar menjadi blur, atau di dalam dunia fotografi disebut dengan istilah bokeh.

Memotret dengan Background dan Angle yang Unik

Bukan hanya fotografer profesional saja yang bisa menghasilkan foto yang keren. Kamu juga bisa menghasilkan foto bagus dengan background dan angle yang unik dengan kamera smartphone-mu. Kamu bisa mengeksplorasi background yang unik yang ada di sekitar tempat kamu tinggal.

Itulah ketujuh tips foto dengan kamera hp yang sederhana dan mudah sekali untuk diterapkan. Untuk menunjang dalam mendapatkan hasil foto yang bagus, gunakan hp Vivo V7 dengan resolusi kamera belakang sebesar 16MP yang bisa menciptakan foto sangat jernih setara dengan 64MP menggunakan mode ultra HD. Mode potret memungkinkan kamu berfoto selfie yang indah dengan latar belakang buram yang cantik.